Ini Dia Seberapa Lama Waktu Sampah Bisa Terurai Oleh Alam

Kita tau bahwa sampah memiliki waktu terurai yang sangat lama. Apalagi sampah yang berbahan plastik, sulit bagi organisme untuk bisa mengurai sampah bahan plastik tersebut. Saat ini sampah plastik di Indonesia sudah bisa dibilang darurat.

Menurut sebuah penelitian yang ada, bahwa Indonesia adalah negara peringkat 2 yang paling banyak menyumbangkan sampah yang tidak dibuang ke dalam tempat sampah plastik besar ke lautan.

Makanya, kita sangat perlu teredukasi untuk mengetahui seberapa lama sampah bisa terurai dan bagaimana dampaknya.

Karena dengan begitu diharapkan nantinya kita bisa lebih peduli kepada lingkungan dan juga tidak akan lagi memiliki kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan.

  1. Botol kaca

Sebetulnya botol berbahan kaca jika sudah tidak digunakan lagi masih bisa diolah kembali dengan cara dilebur dan dibentuk ulang.

Nah yang menjadi masalah adalah ketika botol kaca tersebut berada di tempat yang bukan seharusnya misalnya berada di lautan, atau berada di tumpukan tempat pembuangan sampah. Jika dibiarkan, sampah botol kaca ini bisa sampai jutaan tahun tidak terurai secara alami.

  1. Botol plastik itu bisa terurai sampai ribuan tahun

Nah sampah plastik itu adalah sampah yang pasti sudah kita ketahui memiliki waktu yang sangat lama untuk bisa terurai.

Butuh waktu ratusan hingga ribuan tahun agar botol plastik bisa terurai. Nah makanya, karena kita semua pasti sering kali menggunakan botol plastik untuk kemasan makanan.

Sebaiknya kita buang ke tempat yang khusus atau kita kelola lagi untuk dijadikan barang dengan fungsi yang lain.

  1. Pembalut

Mungkin sebagian orang belum tau bahwa pembalut adalah barang yang juga sangat sulit untuk bisa diurai. Dibutuhkan waktu sampai 500 bahkan 800 tahun untuk bisa mengurai benda ini secara alami.

Makanya apabila ada seorang wanita yang membuang pembalut secara sembarangan jelas ia menambah sampah yang baru bisa terurai sampai punya anak cicit.

  1. Suka minum minuman kaleng ?

Kamu harus tau mulai dari sekarang bahwa minuman kaleng itu butuh waktu sampai 200 tahun untuk bisa terurai. Jadi sebaiknya pikir – pikir dahulu apabila ingin buang sampah yang terbuat dari bahan kaleng.

Maka dari itu, ayo perhatikan lagi sampah yang kita buang. Jangan sampai kita membuang sampah yang sulit terurai secara sembarangan.