Hati-Hati Penipuan Paket Aqiqah

Hati-Hati-Penipuan-Paket-Aqiqah

Maraknya kasus penipuan dalam bidang jasa membuat kita sebagai konsumen harus cermat. Penyedia paket aqiqah Jakarta Timur pun tak luput dari praktek yang curang.

Banyak penyedia paket aqiqah yang tak memahami kaidah aqiqah yang sesuai syariat. Demi mengejar keuntungan dan membuat usaha makin besar, justru mereka tidak segan melakukan tindakan yang tidak patut. Hal itu tentu saja membuat konsumen merasa ditipu dan membuat aqiqah yang dilakuan jadi tidak sah.

Contoh kecurangan dalam penyediaan jasa aqiqah

  1. Membeli daging kambing kiloan di pasar

Untuk menekan biaya, pemilik jasa aqiqah yang curang membeli daging kambing di pasar, bukannya menyembelih sendiri kambingnya.

Tidak hanya curang, praktek ini menyebabkan aqiqah jadi tidak sah. Ciri yang dapat dilihat adalah penyedia jasa tidak memberikan kesempatan anda untuk melihat sendiri proses penyembelihan kambing.

  1. Menjual kambing yang tidak sesuai

Harga murah yang ditawarkan patut anda curigai. Bisa jadi kambing yang ditawarkan belum masuk umur untuk dipotong, dan mungkin dalam kondisi yang cacat.

  1. Tidak sesuai dengan pesanan

Konsumen tidak mendapatkan kambing sesuai dengan pesanan. Praktek kecurangan dilakukan dengan mengganti kambing yang ukurannya kecil dan ditambah dengan daging yang dibeli di pasar. Ini sangat merugikan konsumen.

  1. Tidak transparan

Pihak jasa biasanya memberikan promosi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Mereka menawarkan harga promosi yang murah namun ketika ada konsumen yang memesan, barang dikatakan telah habis dan diarahkan untuk memesan barang dengan harga yang lebih mahal.

  1. Tidak mencantumkan harga kambing belum termasuk pengolahan

Mereka tidak memberikan keterangan bahwa harga terpisah antara kambing dan biaya pengolahan daging. Hal ini untuk menarik jumlah pembeli dan baru menyampaikan saat pembeli telah memesan paket aqiqah tersebut.

  1. Mencampur dengan pesanan orang lain

Ketika ada banyak pembeli, pihak jasa memasak daging secara bersamaan. Lalu mereka membagi sesuai porsi yang dipesan. Hal ini tentu merugikan pembeli yang memesan paket dengan harga mahal.

Begitulah praktek penipuan atau kecurangan yang dilakukan penyedia paket aqiqah. Sebagai konsumen, anda harus berhati-hati dalam memilih jasa aqiqah.